• RSS

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang ~ SENO GUMIRA AJIDARMA

  • Journey

    Cerita perjalanan yang tak melulu soal "have fun" tapi juga tentang petualangan di hiruk pikuknya Ibu Kota... Let's ENJOY JAKARTA!

  • Hoby

    Mengurai ketegangan urat saraf, membuang jauh jenuh dan bosan, berdamai dengan realita, yuks... mencoba dan melakukan "sesuatu"

  • Share

    Tulislah... setidaknya agar anak cucumu tau kalau kamu juga punya masa lalu, karena menulis itu membuat kita hidup 1000 tahun...

  • Nggak ngerti kenapa, gw ga pernah sukses jadi notulis. Meskipun sering banget diminta untuk jadi notulis. Eitss sebentar taukan yah yang dimaksud notulis? Notulis itu orang yang membuat notulen. Notulen itu menceritakan jalannya rapat atau kalo dalam bahasa inggris ada istilah MOM (Minutes Of Meeting). Jadi notulis itu bertugas untuk mencatat semua yang dibahas dalam rapat.

    Nah masalahnya karena gw adalah cewe sendirian sedivisi, jadi ketika rapat selalu disuruh buat notulen. Apa semua cewe itu identik dengan catatan lengkap atau karena semua cewe adalah pendengar dan penyimak yang baik? Hmmm ga juga kaliiiiii... Walaupun udah konsentrasi full sampe mentok, ga tau kenapa ada aja yang kurang di notulen gw, dan ketika ditanya lagi gw cuma bisa bilang "yaaa saya lupa pak, emang dibahas yah?". Mau dipaksakan kaya apapun, gw ga bisa mengingat apa aja yang dibahas dirapat kemaren, hehehe... Ga tercatat dan ga diingat. Itu kacau banget kalo pas bagian yang penting.

    Dan masalah kedua adalah soal menyusun notulennya. Notulen itu bersifat resmi sehingga harus menggunakan bahasa yang baku. Udah seharian lebih nyusun notulen tapi pas dibaca lagi koq ga bagus yaa?? yaakk ampunn... ini notulen apa cerpen? bukannya kesimpulan-kesimpulannya aja yang ditulis tapi kebanyakan basa basinya *maksudnya biar panjang, biar dibilang "menyimak dengan baik"... hahaha... Pokoknya buat gw jadi Notulis itu BERAAATTTTTT...

    Disinilah ceritanya...
    Gw ada kenalan partner kerja yang jagoooo banget menyimpulkan hasil rapat. Ga ngerti juga dia makan apa? dan tidur dimana? Dia itu bukan cewe alias cowo (COWO beneran bukan Ex Men). Cowonya ini yang perlu banget digaris bawahi dan dihitamkan. Temen cowo yang suka nulis puisi atau cerita galau, banyaaakk!! Tapi ini pertama kalinya gw nemu, makanya gw bahas disini. Limited Edition. Yang biasanya "catatan lengkap" itu identik sama cewe, kali ini bedaaa. Dia bisa detail banget menuliskan apa yang dibahas dirapat, tanpa kececer sedikit pun. Sampai pas gw dan tim dikirimin email "MOM", gw baca dengan seksama dan gw berpikir "apa ini dibahas ya kemaren"...
    Hufff kapasitas memory gw emang udah menipis, jadi banyak yang numpang lewat aja karena ga ketampung.

    Si "dia" sebut saja mawar ^_^ setelah mencatat banyak, selalu membacakan apa yang dia tulis diakhir rapat. Tujuannya untuk mengkonfirmasi ulang kepada kami semua yang hadir, setuju atau tidak. Dan dari semua item yang dia baca, gw dan tim cuma bisa mengiyakan "Oke setuju", "Oke" dan "Oke". Semuanya benar.. Luar biasa, ini dia yang dibilang "penyimak yang baik". Dia benar-benar notulis yang hebat, kasih tepuk tangan yang meriah... yeeyy..

    Berikut tulisan lama yang belum sempat diposting tentang macam-macam blog menurut versi gw.

    1. Blog bertema
    Misalnya dalam satu blog semua tulisannya berisi mengenai cinta, atau satu blog semua tulisannya mengenai resep masakan. Untuk bikin blog bertema seperti ini dibutuhkan kedisiplinan karena si empunya blog harus konsisten dengan tema yang dia buat. Jangan sampe karena kehabisan ide trus melenceng dari tema, ga bagusss kan..

    2. Blog bernilai karya sastra
    Misalnya puisi, sajak atau mungkin cerita-cerita pendek. Nah tulisan ini butuh konsentrasi yang tinggi dan juga mengetahui banyak kosakata yang bersifat konotasi.. yaa ga musti dengan konotasi sih... ada juga puisi yang lugas tapi untuk membuat karya sastra tetep diperlukan inspirasi khusus..

    3. Blog dari hati alias curhatan
    Tulisan seperti ini sering ditemukan di blog-blog pribadi seseorang, banyak loh yang sukses curhat di blog, hahaha kaya siapa..?? untuk tulisan model ini harus hati-hati karena ga baik meng-ekspos kehidupan pribadi kita ke ranah publik. Dari hasil blogwalking, banyak loh yang pintar curhat tapi dengan gaya bahasa yang menarik sehingga lucu bagi yang membacanya, dan terlihat natural..

    4. Blog caur maur
    Blog gw ini, yang disebut blog caur maur. Tidak bertema, tidak bereferensi dan tidak formal. Isinya ada yang curhat colongan, ada tulisan dari awal sampe akhir ga nyambung, ada tulisan galau melow, dan akan banyak model tulisan lagi disini..

    Apapun jenis tulisan yang kalian pilih, masalahnya bukan di apa yang kamu tulis *ini menurut gw.. Ga ada blog yang dikategorikan penting atau tidak dari tulisan-tulisannya. Tapi lebih ke bagaimana kamu bisa menuliskan itu adalah hal yang tidak semua orang bisa melakukannya.

    "Menulis artikel tak sulit: ambil pena dan kertas, atau laptop, dan mulailah. Yang terkadang sulit adalah memulainya" - Jarar Siahaan

    2 comments:

    1. menurut gw kalau lagi meeting yang di catat adalah poin-poin pentingnya saja, dari hasil pembicaraan orang yang menghadiri meeting itu ambil poin pentingnya. tak perlu di catat detailnya. detailnya perlu kita dengarkan dengan seksama, sehingga kita bisa fokus mendengar, bukan fokus mencatat.

      toh poin-poin yg kita catat tadi bisa di konfirmasi di akhir meeting atau di akhir diskusi

      *)sori ya bukan maksud menggurui, tapi pengalaman gw meeting gitu.

      ReplyDelete
      Replies
      1. gw setuju koq mas bay, emang yang bener begitu. sayangnya gw lemah dalam mengingat detail, hahaha... makanya paling enak emang dikirimin resume meeting aja jadi tinggal baca *maunya sih..

        tengkyu atas sharing pengalamannya.
        salam kenal...

        Delete