• RSS

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang ~ SENO GUMIRA AJIDARMA

  • Journey

    Cerita perjalanan yang tak melulu soal "have fun" tapi juga tentang petualangan di hiruk pikuknya Ibu Kota... Let's ENJOY JAKARTA!

  • Hoby

    Mengurai ketegangan urat saraf, membuang jauh jenuh dan bosan, berdamai dengan realita, yuks... mencoba dan melakukan "sesuatu"

  • Share

    Tulislah... setidaknya agar anak cucumu tau kalau kamu juga punya masa lalu, karena menulis itu membuat kita hidup 1000 tahun...


  • Hai all... seperti gambar diatas mungkin udah kebaca apa yang gw mau tulis. Gw mau bagi-bagi resep PIZZA. Resep aslinya gw dapet di sini, blog-nya Mba Amal. Mba Amal ini baik banget, dia mau sharing keahlian memasaknya, selain jago masak dia juga pinter nulis dan orang yang kreatif lagipula rajin. Gw emang agak sotoy padahal gw ga kenal, hehehe.. yaa biasalah dari hasil analisa tulisan aja. Ada satu bulan dia posting 23 artikel masak, wooww  mantabbb 4 jempol buat Mba Amal. Cara dia memfoto masakannya juga keren, selain kameranya yang bagus. Tata letak, properti dan angle-nya pas. Jadi menurut gw Mba Amal itu multi talenta. TOP BGT dah...

    Eitsss PIZZA yaaa.. PIZZA loh... bukan Mba Amal judulnya! Tapi terimakasih dulu deh buat Mba Amal, Thanks ya resepnya keep on sharing..

    Masak itu menurut gw bukan cuma karena kebutuhan, tapi untuk kesenangan atau hiburan. Bikin PIZZA ini butuh kesabaran, karena prosesnya yang agak panjang. Kalo beli sih paling nunggu 15 menit trus bungkus bawa pulang. Tapi kalo mau bikin sendiri, behhhh total dari nyiapin bahan-bahan sampe bisa dimakan 4 - 5 jam.

    Nah disini serunya, karena PIZZA-nya buatan sendiri jadi rasanya lebih enak. Lebih enaknya dari mana? dari usahanya... YA GA SIH?? Bikinnya 4 jam, makannya 4 menit. Dashyaaatt!!!

    Topping yang gw buat ayam jagung, dan tanpa mozarella karena keju mozarellanya mahal buuuu... Mengikuti idenya Mba Amal, skip keju mozarella dan diganti dengan saus putih-nya Lasagna. Penipuan ini berhasil mengelabui temen gw yang ga tau proses pembuatannya loh. Dia pikir itu keju mozarella yang meleleh. Yup penipuan sukses!!

    Kebetulan masih ada sosis di frezer jadi iseng pinggiran pizzanya gw tambain sosis deh. Yah beginilah pizza sesuka hati, mau pake topping apa?, pinggirannya gimana? terserah lu aja... Ini dia resepnya...


    Bahan Roti :
    - 1 sdt ragi instan
    - 120 ml air hangat
    - 140 gr tepung terigu
    - 1 sdt gula pasir
    - 1/4 sdt garam
    - 1/2 sdm minyak sayur

    Bahan Topping :
    - 50 gr dada ayam, potong kotak
    - 50 gr jagung manis rebus setengah matang
    - 1/2 bawang bombai, iris dadu
    - 1 buah bawang putih, iris halus
    - 1 sdt saus tiram (kalo gw pake saori)
    - 1 sdm gula pasir
    - 1/2 sdt kaldu bubuk
    - 1 sdm minyak untuk menumis
    - 4 sdm saus tomat
    - 2 sampai 3 sdm saus cabe (sesuai selera)
    - air secukupnya

    Bahan Saus Putih :
    - 1/2 sdm tepung terigu
    - 100 ml air
    - 2 sdm susu kental manis
    - 1/2 sdt garam
    - 1/2 sdt lada (optional)

    Cara Membuat :
    - Masukkan ragi instan, gula, dan sedikit air hangat dalam baskom. Aduk hingga ragi dan gula larut. Masukkan garam aduk kembali hingga garam larut.
    - Masukkan tepung terigu uleni dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Hentikan memberikan air jika dirasa cukup. Terakhir masukkan minyak uleni lagi sampai adonan kalis.
    - Tutup adonan dengan kain, diamkan 1-2 jam hingga adonan mengembang 2x-nya.
    - Kempeskan adonan untuk membuang udaranya.
    - Taburi meja dengan tepung, lalu taro adonan diatasnya.
    - Giling adonan lalu bentuk lingkaran kira-kira diameter 20 - 24 cm.
    - Diamkan 15 - 20 menit.
    - Sementara menunggu adonan roti, kita siapkan topping dan saus putih.
    - Campurkan susu kental manis, tepung dan air. Aduk rata. Tambahkan lada dan garam. Masak hingga saus meletup - letup dan mengental. Sisihkan.
    - Panaskan 1 sdm minyak sayur dalam wajan. Tumis bawang bombai hingga layu, masukkan bawang putih tumis lagi hingga harum (jangan sampai gosong).
    - Masukkan ayam.
    - Masukkan sedikit air, biarkan kira-kira 5 menit hingga ayam benar-benar matang.
    - Masukkan jagung manis, kecap, saus tiram, gula pasir dan kaldu. Aduk rata.
    - Masukkan saus tomat dan cabe, aduk sampai mengental. Angkat dan sisihkan.
    - Panggang adonan roti dengan api sedang sekitar 10 menit. Keluarkan dari oven.
    - Oleskan dengan topping lalu tambahkan saus putih diatasnya.
    - Panggang lagi sekitar 5 menit. Angkat dan sajikan.


    3 comments:

    1. Bikin ngiler, coba boleh ambar? :)

      ReplyDelete
    2. Boleh banget mba Yuslia, silahkan..

      ReplyDelete
    3. Hai Mba Ambar, udah lama nih saya nggak bikin pizza, jadi ngiler baca postingan Mba Ambar ini, hehehe :)

      ReplyDelete