• RSS

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang ~ SENO GUMIRA AJIDARMA

  • Journey

    Cerita perjalanan yang tak melulu soal "have fun" tapi juga tentang petualangan di hiruk pikuknya Ibu Kota... Let's ENJOY JAKARTA!

  • Hoby

    Mengurai ketegangan urat saraf, membuang jauh jenuh dan bosan, berdamai dengan realita, yuks... mencoba dan melakukan "sesuatu"

  • Share

    Tulislah... setidaknya agar anak cucumu tau kalau kamu juga punya masa lalu, karena menulis itu membuat kita hidup 1000 tahun...


  • Tugu Jogja
    Mau jalan-jalan ke Jogja murah?? Bisa banget bisa banget... mau tau caranya?? mau tau aja apa mau tau banget... hehehe biasa deh 4L4Y... Jogja sebenernya ga jauh-jauh amat ya dari Jakarta, hanya dalam 8 - 12 jam doang dengan kereta, tuinggg nyampe deh Jogja. Dan kalo naik pesawat cuma 45 menit aja.

    Dulu kalo pulkam ke Jogja sukanya naik bus. Tapi sekarang sih gw lebih milih naik kereta daripada bus. Karena sekarang kereta itu berangkat dan sampai tepat waktu sesuai jadwal ga pake molor-molor kecuali ada faktor x. Nah kalo bus?? banyak faktor tak terduganya seperti macet atau pasar tumpah di beberapa tempat udah gitu jalur yang dilaluinya lumayan bikin sport jantung.

    Harga tiket kereta ke Jogja beragam tergantung kelas yang kamu pilih. Nah kemaren itu gw kesana dengan biaya minim banget HANYA DENGAN 50.000 SAJA. Naik kereta api PROGO kelas ekonomi. Walaupun kelas ekonomi tapi sekarang udah dikasih AC jadi ga kepanasan. Tapi yang gw denger per 1 Januari 2014 bakal naik harganya jadi 100 sekian gitu, info lebih lanjut hubungin PT. KAI aja yah. Lalu untuk sewa bantal 5.000, beli kopi di restorasi 8.000, teh manis hangat 5.000, nasi goreng 15.000 kalo kemahalan boleh cek-lah toko sebelah.

    Kereta Progo @St. Lempuyangan

    Kereta ekonomi ini berhentiannya di St. Lempuyangan. Ketika kalian keluar dari stasiun udah banyak supir taksi yang menawarkan jasanya. Pinter-pinter kalian nawar aja karena ga ada yang pake argo. Gw kemaren berenam dan dengan bawaan setumpuk jadi gw milih naik taksi avanza. Kena biaya 60.000 dari St. Lempuyangan ke Desa Kronggahan tempat nenek gw. 

    Sebenernya gw ke Jogja tujuan utamanya untuk silahturahmi sama nenek dan keluarga yang lain. Tapi ga mungkin banget ga jalan-jalan ^_^ Jogja gituuu.. Angkutan di Jogja itu paling sore cuma sampai jam 5 aja beroperasinya. Jadi kalo kalian mau bebas mengeksplorasi Jogja mending sewa motor atau mobil aja. Yang gw tau harga sewa motor itu 50.000 sehari. Tapi karena gw rame-rame sekeluarga jadi kita sewa mobil seharga 250.000 per 24jam. Dan untungnya tanpa banyak syarat hanya bermodal kepercayaan aja, dapet deh mobilnya karena rental mobilnya itu tetanggaan sama nenek gw, hehehe.. Lagi lagi gw beruntung harga sewa 250.000 itu seharusya untuk avanza lama tapi ini kita dikasih all new avanza yang harga sewanya seharusnya 275.000.

    Oh yah kalo mau jalan-jalan dengan angkutan umum, gw saranin naik Trans Jogja aja dengan tarif 3.500 kalian udah bisa keliling Jogja.

    Bus Trans Jogja

    Yang penting jangan malu bertanya karena malu bertanya sesat di jalan. Trus kalo ga sengaja kemaleman dan ga dapet angkot berarti kalian harus naik taksi. Ada satu taksi yang menurut gw baik pelayananya dan selalu pake argo, sopan pula supir-supirnya. Langsung aja telpon taksi Centris di 0274-7111.111. Gw tulis disini karena beberapa kali Centris jadi andalan sekaligus jadi penolong gw karena "Shock Culture" kali yah. Biasa di Jakarta masih ngider-ngider ehhh di Jogja udah malem ga ada angkot, hehehe..

    Kalo soal penginapan di Jogja gw ga paham deh, tapi masih banyak loh penginapan murah dan layak dengan tarif sekitar 100.000-an per malam. Atau mau yang lebih murah lagi? ikut aja sama temen kamu yang punya sodara di Jogja juga.. *ehhhh :P

    Untuk harga makanan juga murah koq. Gw kaget pas beli es campur dihargai 3.000, es dawet 3.000, es puter segelasnya 1.000, bakso 5.000 dan bakwan harganya 300 perak. Berapa kali kaget aja gw disana? 

    Jalan Malioboro
    Tempat oleh-oleh favorit adalah Malioboro dan Beringharjo, eitss hati-hati kecopetan. Sepanjang Malioboro itu banyak sekali souvenir berupa batik, kaos, aksesoris, sendal, tas dll. Kaos-kaos yang biasa aja nih rata-rata dipatok dengan harga 15.000 dan katanya ga bisa kurang tapi taukah kamu kalo ditelusuri terus jalan malioboro ada juga yang menjual dengan harga 13.000 dengan kain dan motif yang sama.

    Untuk kamu yang suka coklat, masuk aja ke Mirota Batik. Mungkin kalian akan ga nyaman dengan aroma didalamnya tapi disitu menjual coklat monggo yang terkenal itu loh. Aroma apakah itu?? hehehe coba aja sendiri yah... 

    Nyari-nyari batik puas banget kalo kamu masuk pasar Beringharjo, hati-hati budget terkuras banyak disini karena khilaf. Intinya pinter-pinter nawar, daster buat ibu kamu sekitar 25.000 - 35.000, kemeja batik cowo 40.000 - 50.000 tapi harga ini tergantung bahan dan cara nawar kalian yah :D. Tapi kalo kata nyokap gw lebih murah di pasar Klewer Solo sih. Nanti-nanti deh gw posting soal Solo-nya.

    Buat kalian yang berhijab harus banget ke lantai 3 Pasar Beringharjo. Kenapa? karena disitu semua toko "all about hijab". Yang hunting jilbab puas banget deh disitu. Banyak pilihan model, motif dengan harga yang beragam.

    Becak dan andong
    Hmmm trus oleh-oleh favorit lainnya tidak lain dan tidak bukan adalah BAKPIA. Bakpia yang enak itu yang mana yah? 25, 75, Kurnia Sari? tergantung selera aja sih. Ketika kalian keluar dari Malioboro, banyak tukang becak menawarkan kalian untuk diantarkan ke pusat Bakpia. Ikut aja... karena mereka hanya mematok harga 5.000, selain diantarkan dan ditunggui membeli bakpia kalian juga akan diantar kembali ke Malioboro. Bapak-bapak tukang becak itu koq bisa yah mematok tarif 5.000 untuk jarak yang lumayan loh.. *takjub

    Tips and trik dari gw nih..
    1. Cari libur-libur kejepit trus cari tiketnya kalo bisa tiga bulan sebelumnya lebih baik. Sebelum kehabisan dan masih bebas pilih-pilih tempat duduk.
    2. Kalo mau naik kereta lebih enak ambil perjalanan malam karena kalo perjalanan pagi/siang lebih terasa capenya.
    3. Buat yang ga kuat dingin bawa juga baju hangat dan kaos kaki, karena 8 jam naik kereta semakin malem itu semakin dingin. *serius lohh
    4. Cari-cari info sebanyak mungkin tentang tempat-tempat yang mau kamu datangi, penginapan dan sewa kendaraan.
    5. Jangan lupa bawa kamera. Photo-photo everytime and everywhere... hehe
    6. Siapkan aplikasi GPS biar ga kesasar.

    Sekian dulu cerita gw... nanti lanjut-lanjut lagi yah... see you soon...

    2 comments:

    1. mba, ada cp nya ga yg rental mobil itu?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf mba siti aku ga pegang nomer hp-nya krn tinggal jalan aja ke rentalnya..

        Delete