• RSS

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang ~ SENO GUMIRA AJIDARMA

  • Journey

    Cerita perjalanan yang tak melulu soal "have fun" tapi juga tentang petualangan di hiruk pikuknya Ibu Kota... Let's ENJOY JAKARTA!

  • Hoby

    Mengurai ketegangan urat saraf, membuang jauh jenuh dan bosan, berdamai dengan realita, yuks... mencoba dan melakukan "sesuatu"

  • Share

    Tulislah... setidaknya agar anak cucumu tau kalau kamu juga punya masa lalu, karena menulis itu membuat kita hidup 1000 tahun...

  • Menulis buat sebagian orang sulit, bagi sebagian lainnya menulis adalah jiwanya. Bagaimana dengan kamu?? Ada istilah "Tacit Knowledge" pernah denger ga? Banyak orang-orang diluar sana memiliki berupa-rupa pengalaman, beraneka ragam pengetahuan atau berilmu tinggi, tapi ada satu kekurangannya yaitu tidak bisa menuliskannya. Mungkin kamu pernah mengalami hal ini ada senior di kantor resain padahal dia yang paling bisa diandalkan dan hanya dia yang mengetahui seluk beluk kerjaan yang dia pegang sebelumnya. Lalu apa yang terjadi ketika dia resain? pastinya sulit menggantikan pekerjaan itu jika tidak ada dokumentasi yang jelas. Pengetahuan yang penting akan hilang bersama sang pemilik pengetahuan. Nah ini yang dimaksud pengetahuan tacit, pengetahuan yang masih dalam pemikiran seseorang, baik berupa pengalaman, pengetahuan ataupun ide.

    Harga dari pengetahuan sangatlah mahal dibandingkan dengan apapun. Kenapa biaya ke dokter besar padahal cuma diajak ngobrol-ngobrol, ditanya ini ditanya itu? Darimana dokter bisa mendiagnosa suatu penyakit kalo dia tidak memahami gejala-gejalanya? ini bukan perkara gampang dalam hal tebak-menebak tapi pastinya karena pengetahuan dan pengalamannya. Pengetahuan tacit sebaiknya dituliskan ke dalam media apapun baik kertas maupun file dokumen komputer. Hal ini sama dengan berbagi ilmu pengetahuan atau istilahnya "sharing knowledge".

    Waktu SD pelajaran yang aku ga suka adalah mengarang, karena aku ga bisa nulis. Kalo ada 4 buah gambar dan oleh ibu guru disuruh membuat sebuah karangan sebanyak 4 alinea yang menceritakan tentang 4 gambar tersebut tapi alhasil yang aku buat selalu dan selalu hanya 4 kalimat *kemampuan imajinasi yang buruk. Trus aku mulai belajar nulis ketika dibelikan buku diari, walaupun isinya jayus tapi itu adalah media pertama belajar menulisku. Mungkin kalo aku punya nyali dan urat maluku udah putus, aku akan share sedikit isi buku harianku ketika masih muda dulu. hehe :)

    Dan iseng-iseng dibuatlah blog ini yang tujuan awalnya adalah untuk media belajar nulisku. Isinya emang kebanyakan ga penting tapi yasudahlah :P. Sampai ada yang membuat message ke facebookku, seseorang yang aku ga kenal bilang "blog lu ga penting!!". Eiitts apapun yang lu katakan, dan siapapun lu..?? Shock..?? ohh tentu tidak, Pingsan..?? ga lah.. Senyum-senyum sendiri?? gila dong.. Yang pasti aku akan tetap nulis apapun yang mau aku tulis.

    Dengan menulis kita bisa menyebarkan kebaikan, berbagi semangat, ilmu dan pengalaman. Dari tulisan bisa terlihat gimana sifat seseorang, dari tulisan bisa terbayang suasana hati seseorang dan dari tulisan bisa menyampaikan sesuatu yang tidak bisa diungkapkan secara lisan, bener ga?? Seperti Radithya Dika yang mampu menceritakan kisah sehari-hari menjadi lucu dan seru. Seperti @poconggg yang terkenal di twitter karena cerita-cerita mistis yang diceritakan dengan gaya kocak dan menghibur. Seperti Bambang Pamungkas, sang kapten timnas yang menceritakan perjuangan dilapangan hijau dan persahabatan tim menjadi cerita yang sangat inspiratif. Atau seperti Andrea Hirata yang bisa membangkitkan semangat para pembacanya dari kisah-kisah hidupnya dalam novel-novelnya. Dan masih banyak penulis-penulis lain yang membagikan cerita, pengalaman dan pengetahuannya yang dikemas dalam canda, tawa dan keceriaan dengan tujuan menghibur, memberi semangat dan motivasi.

    Kalo dari ayat Al-Qur'an disuruh bacalah walau hanya 1 ayat, disini aku mau bilang "menulislah walau hanya 1 kalimat"..
    You can do it, if you try..!!
    Happy blogging all..

    1 comment:

    1. This is a very good article .. Thank you .. have a great day!.! happy blogging ...

      ReplyDelete