• RSS

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang ~ SENO GUMIRA AJIDARMA

  • Journey

    Cerita perjalanan yang tak melulu soal "have fun" tapi juga tentang petualangan di hiruk pikuknya Ibu Kota... Let's ENJOY JAKARTA!

  • Hoby

    Mengurai ketegangan urat saraf, membuang jauh jenuh dan bosan, berdamai dengan realita, yuks... mencoba dan melakukan "sesuatu"

  • Share

    Tulislah... setidaknya agar anak cucumu tau kalau kamu juga punya masa lalu, karena menulis itu membuat kita hidup 1000 tahun...


  • Hai temans.. Sekarang aku mau talking-talking tentang my hobi yang sekaligus juga adalah pekerjaanku sehari-hari. Dulu ketika kuliah aku merasa sepertinya aku salah jurusan. Jurusan yang aku ambil adalah Manajemen Informatika, jurusan yang sangat susah aku rasa. Tapi karena aku sudah terlanjur memulainya maka aku harus berusaha mendalami pelajaran-pelajaran yang ada. Alhasil aku mulai menyukai urusan-urusan per-codingan. Aku mengumpamakan membuat program seperti menyusun sebuah puzzle, dimana kita berusaha menggabungkan potongan-potongan kecil dari puzzle agar menjadi suatu gambar yang utuh. Yup this is my story..

    Setelah selesai kuliah alhamdulillah aku bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikanku. Aku masih sangat hijau di dunia percodingan ini, bahasa pemrograman yang aku kuasai juga sedikit dan itupun sepertinya sudah uzur alias sudah mulai ditinggalkan. Google adalah alat bantu nomor 1 buatku, ketika bingung akan suatu logika program maka akan kucari lewat google. Dan sedikit banyak selalu kutemukan penyelesaikan dari permasalahanku. Tinggal kopi sana kopi sini trus dipaste dan diedit-edit dikit, selesai deh. Itu kalo untuk permasalahan yang mudah.

    Kalo cerita tentang coding pasti urusannya ga jauh-jauh dari bergadang dan deadline. Biasanya kerjaan seperti ini ga terikat jam kerja yang penting pada deadline yang ditentukan program yang diminta selesai. Aku suka coding pada awalnya, tapi ketika hampir mencapai deadline sedangkan program belum kelar. Rasanya aku mau teriaaaaakkk.. "gw ga mau ngoding lagiiiiiiiii..!!!!" Yaaa pada awalnya ngoding memang menarik, menantang tapi ketika coding berubah menjadi sebuah tuntutan aku mulai bosan, muak dan segala macam perasaan benci lainnya.

    Coding juga bisa buat terharu, ternyata bukan cuma nonton film India aja orang bisa terharu. Karena terlalu lama berkutat dengan coding juga bisa terharu loh. Jadi gini ceritanya. Aku pikir deadline dari program aku adalah besok, sedangkan programnya belum selesai. Waaaah aku panik, biarpun aku fokus sefokusnya tetap saja program ini ga akan selesai besok. Tiba-tiba bos datang dan menanyakan progress dari pekerjaanku, "gimana udah selesai?". Dengan rasa bersalah aku bilang “belum pak”. Padahal sebelum ini aku sudah minta 2 kali pengunduran deadline dan disetujui sama beliau. Ternyata sampe hari ini aku juga belum bisa menyelesaikannya, otomatis aku jadi ngerasa bersalah. Setelah itu si bos bilang seperti ini, “yaudah gapapa kalo belum selesai besok yang penting usahakan dalam seminggu ini bisa selesai”. Mendengar pernyataan bos rasanya legaaaa banget dan tanpa sadar aku nangis, hahaha ga lucu banget cuma gara-gara hal sepele nangis, mungkin lebih enak kalo dibilang terharu aja yah :). Aku harus bersyukur karena memiliki bos yang luar biasa baik. Sepertinya beliau tau kalo mataku udah setengah watt karena beberapa hari belakangan bergadang untuk ngerjain program ini.

    Divisiku adalah divisi yang paling rame, mau lagi pada bingung sama coding atau lagi dikejar-kejar deadline Semua Cerewet Cerewet (alias SCC adalah nama divisiku). SCC sebenernya kepanjangan dari SSPP Competence Center, divisi yang khusus mengurusi software yang berkaitan dengan mesin SSPP. SSPP sendiri merupakan Self Service Passbook Printer, kalo di BCA namanya adalah Autoprint dimana kamu bisa mencetak buku tabungan sendiri tanpa bantuan customer service. Nah biasanya di SCC ketika diuber uber deadline gilanya pada keluar, ada yang jailin orang. Ada yang ngoceh ga jelas, garuk-garuk kepala dan lain sebagainya. Coding ternyata juga bikin orang jadi gila. Hehehe..

    Coding bikin keder, bahasa Indonesianya keder apa yah? Dengan satu baris perintah seperti ini "Delete From Tiket" harusnya seluruh isi tabel tiket kehapus. Tapi ketika aku buka database dan aku liat di tabel tiket isi datanya belum kehapus, aku jadi bingung. Nah karena persoalan sepele ini sedivisi aku repotin dan semuanya juga jadi terheran heran kenapa yah koq ga bisa?? Sampe akhirnya aku sadar sendiri, ternyata aku salah buka database. Database yang aku buka adalah database backupannya. Sedangkan yang aku delete adalah database yang lain, hahaha ini akibat terlalu banyak mikir. Suuuuuutt soal ini temen2ku belum tau. Kalo mereka tau bisa dijitakin, wakakak..

    Hal paling menyenangkan ketika aku berhasil menyelesaikan program ini, pastinya rasanya sangat legaaa. Seperti berton-ton beban dikepala telah terangkat, hehe lebay. Dan ada rasa puas kalo program yang dibuat bisa mempermudah pekerjaan orang lain dan bermanfaat.

    Yaaaahh begitulah dunia percodingan, berbagai rasa telah dirasa karena coding. Ada kalanya coding buat aku bengong-bengong sendiri, cengar-cengir, bingung, stress bahkan hampir gila tapi Insya Allah totalitas dan keyakinan yang bisa membantu untuk menyelesaikannya. Terus mencoba untuk mencintai pekerjaan ini dan berharap dari amatir bisa menjadi profesional. Amiiiiiin...

    1 comment:

    1. sama mbar, pa lg gw yg notabene background di java eh kelempar ke Adminstrasi personel, pas kmrn ngurusin uraian jabatan, gile dah mpe mumet tuh, mikirn apa nih yg hrs ditulis

      ReplyDelete