• RSS

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang ~ SENO GUMIRA AJIDARMA

  • Journey

    Cerita perjalanan yang tak melulu soal "have fun" tapi juga tentang petualangan di hiruk pikuknya Ibu Kota... Let's ENJOY JAKARTA!

  • Hoby

    Mengurai ketegangan urat saraf, membuang jauh jenuh dan bosan, berdamai dengan realita, yuks... mencoba dan melakukan "sesuatu"

  • Share

    Tulislah... setidaknya agar anak cucumu tau kalau kamu juga punya masa lalu, karena menulis itu membuat kita hidup 1000 tahun...


  • Kali ini aku mau sedikit sharing knowledge tentang komponen tambahan untuk visual basic 6.0, komponen yang free namun sangat menarik namanya adalah LvButtons. Sejenis CommandButton namun lebih variatif dalam segi bentuk. Bisa diberikan icon yang posisinya bisa kamu atur sesuka hati, kanan atau kiri, atas atau bawah dari textnya. Berikut ulasan lebih lanjut..

    Download terlebih dahulu komponen itu disini, setelah itu extrak filenya sehingga didapatkan hasil berupa file .ocx yang bernama LvButtons.ocx. Copy-kan file tersebut ke dalam folder C:\WINDOWS\system32. Setelah kita harus mendaftarkan komponen tersebut ke registry dengan cara dari menu Start klik All program dan pilih Run.

    Kemudian ketik seperti berikut : regsvr32.exe C:\WINDOWS\system32\LvButtons.ocx (lihat gambar di bawah ini).


    Selanjutnya bukalah aplikasi visual basic 6.0 kemudian tambahkan komponen LvButtons dengan cara: dari menu Project klik components atau dapat juga klik kanan toolbox disebelah kiri lalu pilih component.


    Pada window components di tab controls, cari dan cecklist-lah prjSampleButtons. Setelah itu klik Apply dan Ok.


    Selesai. Sekarang tinggal kamu drag and drop komponen tersebut ke dalam form dan atur propertiesnya. Banyak kelebihan dari LvButtons ini, diantaranya seperti berikut :
    1. Bentuk dan style yang variatif


    Terdapat beberapa macam bentuk button yaitu :


    Terdapat beberapa macam style button yaitu :


    2. Dapat diberikan icon dengan posisi sesuai dengan keinginan kamu.


    3. Terdapat beberapa macam style font yaitu :



    Masih banyak lagi yang bisa kamu eksplorasi dari LvButtons ini, jika tertarik silahkan didownload dan semoga bermanfaat..

    1 comment:

    1. Bahan yang sangat bagus Dan Berguna.....terima kasih

      ReplyDelete